Senin, 27 Agustus 2012

PERSONAL LIFE:ME GOES TO EUROPE 2011

gw salah satu cewe yang demen bgt sama tarian,koreografi, kostume, pentas, dan hal hal yang berbau tarian deh. dari modern-tradisional gw suka dua2nya. karna setiap gerakan tarian menurut gw,nampilin suatu arti yang bukan cuma enak diliat, tapi ada makna tersiratnya. thats why i love dancing. 

summer tahun lalu, hamdalah bgt gw dapet kesempatan buat ikut salah satu forum nari di jakarta yang bakalan misi budaya ke italy,and france. oh god, im so thankful you give me opportunity to doing this. *HAMDALAH keinginan dari kecil gw buat pentas nari gede2an terlaksana, dan ga cuma nari. tapi bawa nama indonesia tentunya*
Mormano City, Italy.
12 tarian dari sabang sampai merauke dan alat-alat kesenian lainnya musti dijamaah alias musti bisa. what the?! karn pada saat itu, gw baru join at least 5bulanan sebelum cus brancus.. but, finally i can do that! yeah, proud of my self.. *prok prok* . para dancer lainnya pun ga kalah serunya, ngocol2 bgt, ga punya urat malu, dan saling ngback up satu sama lain. i called them as my second family *group hug*.

kita semua jauh dari rumah selama hampir 1 bulan, secara ada beberapa festival tari yang kudu dijabanin dimana disana bukan cuma indonesia aja. tapi juga ada rusia,serbia,dan banyak lagi *maklum pikun,jd gw lupa haha* dan yang paling gengges lagi kita disana pas bgt sama ramadhan! bikin berat bgt bgt bgt seberat badan gw ini lho.. bener2 tantangan puasa di negri org, bukan cuma jauh dari rumah. tapi puasa disana itu hampir 18 jem! imsak jam 4 subuh buka puasa jam 9 malem waktu setempat! gosh mamen.. bukan cuma itu, dikala puasa,kita juga harus tetep ngejalanin festival tari yang dalam 1 festival tiap org bisa sampe 3 kali tarian yang cuma dikasih waktu buat ganti kostum itu 1 tarian yang kurang lebih 3-4 menit. bisa kebayang kan gmn crowdednya backstage. apalg kostumenya itu banyak bener printilan2 sana sini, musti detail benjet!
Paestum City, Italy
Trieste City, Italy


mulai dari makeupan, sanggulan, make kostume, semua dilakuin sendiri. harus bisa mandiri. dan fyi: baru kali itu gw belajar nyepol rapi,ngonde dengan kondean bagong bahkan pake 2 konde sekaligus dikepala *bisa kebayang kan kepala gw jadinya sebesar apa?kalah kelapa mah* 
Colloseum, Italy
oia, dan kita berpindah2 kota itu nae kreta,nae bis. yang musti gotong2 koper sendiri. gilak keker tangan gw bok hampir2 kaya ade rai *lebay abes* . apalg waktu itu gw dapet mess yang diatas puncak gt yah, musti nanjak yang jaoooo bener buat nyampe ke messnya. gw pun sampe ngosngosan, gimana ga, udah nanjak jau bgt, bawa koper,bawa kostume,puasa, dan udaranya berasa es *yup walapun summer tapi gw ngerasa 2xnya puncak bok*. selama pindah kota juga,pas di kreta kita musti estafet lempar2 koper,alat musik,kostum,dsb krn keretanya cuma berenti selama 2 menit, sedangkan kita ber 23 org + berbanyak koper bagong2.. 

 ga cuma festival sih, tapi kita juga jalan2 disana. yah city tour lah. but i called that walk-city tour . hahah krna kita seringnya jalan kaki. gw sampe merasa betis udah segede tales bogor.  tapi ga ngerasa cape, krn jalannya smbil ketawa ketiwi, sambil ngcengin bule-bule aneh *kitanya deh yg aneh :p * dan sebagainya ..

pas di italy, kita sempet ngmess di kedutaan indonesia selama kurang lebih 3 hari deh klo ga salah,gw lupa. and you know what? para staf2 disana totally ramah bener. sampe ada gala dinner sama staff2 sana, sampe yang udah berkeluarga dan tinggal disana pun dateng cuma buat ngjamu kita. how nice they are. tapi yah, kedutaan disanan horor bok. ada"penunggunya". sampe gw dan temen2 digangguin dengan lift jadul yang masih kaya sarang burung dari besi dan suka aneh sendiri tu lift. suka tiba2 berenti di tengah2 lantai 2 dan lantai 3 *lantai 3 kamar gw dan semuanya,lantai 2 KOSONG* pokoknya SEREM!! gw ampe ga brni naik lift sendiri!!

setelah berfestival ria di italy, we moved to paris, france. wohooooooooooooooo impian gw buat ke paris terjamah ya allah. hamdalah sekaliiiiii.. dan disana kita ga punya waktu banyak buat keliling2 *sedih* dan yang paling gengengs2 bgt buat gw nih yah. ceritanya lagi acara bebas tuh. jadi setelah keliling nae MRT ke berbagai tempat, gw dan temen2 gw ber 3 punya rencana mau nae eiffel tower malem hari deh tuh. akhirnya mecah kan. tapi awalnya gw cuma berangkat b2an aja ky org bener, udh kaya kenal aja jalanan eropah yekan. untungnya peta di MRT jelas bgt petunjuknya, jd alhmdulilah ga  nyasar. udah sampe di loket beli tiket eiffel tower, 1 temen gw blm dateng juga pdhl udah hampir jam 12 malem. dan jam 12 malem itu tour terakhir buat naik ke eiffel towernya. gw berduaan udah kedinginan, duduk di pinggir2 malem2,sambil berdoa semoga temen gw sampe cepet. secara ga punya alat komunikasi buat nghubungin. bbm matot, ga punya nomer lokal,cuma punya nomer jakarta, dsb. dan somehow doa gw terkabul. datenglah temen gw yang gw tunggu2 sama 1 lagi korban yg mau liat eiffel tower :p tepat 10 menit sblm jam 12. wohoooooooo betapa girangnya gw,seakan baru ketemu setelah bertahun tahun ga ketemu. langsung cuss lah ngantri tiket. dan  bener aja. gw dan temen2 adalah antian terakhir buat ke atas tower. langsung di tutup loketnya setalah gw beli! how lucky we are.

oke muka gw ga bgt, tapi pemandangan dari atas tower, OKE BGT





penderitaan hari itu ga berhenti pas gw udah naeik tower, masih aja lho lanjut. fiuh. such a long day for me. penderitaan berlanjut ketika MRT terakhir adalah jam 12, sedangkan gw turun dari tower sekitar jam stgh 1. damn! gw dan temen2 gw udah kaya anak ilang,ngelantar di jalan. mau nae bis, tapi ga ngerti, nae taksi takut dinyasarin. dan ternyata bukan gw aja yang ngelantar. banyak turis negara lain yang ikutan ga tau klo mrt terakhir itu jam 12. hahah kena deh *wey lo juga kali*

akibatnya, gw sama temen2 gw ga ngerti mau ngapain. sampai akhirnya pas lg ngaso di halte kecil, ada turis baik hati yang nnya kita lg kenapa, pas dibilang kita dr indo, dia xcited! krn dia pernah tinggal di jogja beberapa bulan. dan bisa sedikit2 bhs indo. oh maiiiigoooooodddd gw merasa itu bule penolong bgt. but, ternyata dia juga turis -_________- tapi tak apalah, at least punya temen baru, tambah rame. haha. akhirnya dia berbaik hati nemenin kita yg nyasar ini buat nggu MRT besok pagi jam 6! damn! jam 6!!! gw udah seteres sumpeh. akhirnya dia nawarin buat nyari cafe buat istirahat, gw fikir yah cafenya tu deket. ternyata, kita musti jalan kaki sesuai sama peta gps dari ipadnya tu bule, jauhhhnyaaa ga ketolong. buat gw itu jalan kakinya puanjang kaya dari sency, ke trisakti!! JALAN KAKI ! kedinginan, gw pake celana pendek, ga bawa jaket, kelelahan. ah sudah lah ya, udah kebayang kan gmn lusuhnya gueh. akhirnya nemu deh tuh cafe akhirnya ngaso, dan gw ampe ketiduran aja lho di cafenya. hahha . pas lagi nggu yah kira2 jam 4an gt, temen gw yg udah di mess dengan baiknyaa tiba2 nelvon aja lho krn kawatir. nelvon ke nomer indo gw lewat semacem wartel di hotel. dan dia bilang naik taksi aja, krn dia juga tadi naik taksi dari tower. cuma kena sekitar 15 euro. langsung lah gw cus. dan ternyata abis naik taksi, mess gw ga bgtu jauuuuh mamen..langsung gw pelukan sama temen yang td nelvon gw. dan gw merasa LEGA krn bisa pulang, ga jd gelandangan paris.

tampang lusuh sama bule nemu di halte :p
next day, ternyata temen gw yang nelvon kmrn juga ketinggalan MRT, krn apa soodara2 karna nyamperin gw dan temen2 buat naik tower tapi mereka dateng jam 12 lebih yg akhirnya loket ditutup ga bs naik. mana cuma b2an aja cewe2 kan. sampe katanya mereka berdua dikejar2 sama bule mabok sampe ngosngosan nyari taksi. hahahahaha

sebenernya masih banyak yang gw alamin selama kurang lebih 1 bulan jauh dari rumah. dan ga mungkin gw share semuanya. ini aja udah cape ngetik gw. yang jelas, itu pengalaman berharga buat gw, yg ngajarin kalo lingkungan hidup kita sehari2 itu cuma 0,000000000000000000001% dari seluruh dunia. diluar "dunia" kita,masih buanyak dan luas bgt dunia2 yang sebenernya..

walaupun udah ga misi budaya, tapi para dancer udah jadi sodara bagi gw. i love my group so muchooo. nah ini ceritaku, ceritamu gmn?



xoxo,




1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...